Sabtu, 28 Oktober 2017

Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi yaitu paragraf yang letak kalimat topiknya tersirat pada semua kalimat pengembang. Kalimat topik akan diketahui setelah membaca keseluruhan paragraf karena kalimat topik paragraf deskripsi merupakan simpulan semua paparan dalam paragraf.

1. Latihan Mengembangkan Paragraf Deskripsi

  • Menentukan objek yang akan dibahas (Benda, Peristiwa atau sifat) dan objek tersebut harus sesuai dengan tingkat pengetahuan.
  • Sebelum kalimat-kalimat pengembang disusun, tentukan terlebih dahulu kalimat topiknya. Kalimat topik merupakan simpulan umum dari pernyataan diatas.
2. Contoh Paragraf Deskripsi
Berikut salah satu contoh paragraf deskripsi

Sifat-sifata Bapak Muhammad :
a) Datang selalu tepat waktu
b) Pakaian selalu rapi
c) Penyampaian pelajaran menarik
d) Pilihan metode yang digunakan selalu tepat
e) Sangat menguasai bahan pelajaran
f) Mahasiswanya banyak yang berhasil
g) Disenangi dan disegani oleh teman-temannya.

Berdasarkan pernyataan tersebut kalimat topiknya adalah “Bapak Muhammad Pantas Menjadi Dosen Teladan”. Berdasarkan kerangka paragraf dan kalimat topik diatas, selanjutnya tinggal mengembangkan paragraf tersebut menjadi paragraf deskripsi. Berikut contoh Paragraf Deskripi dari kalimat topik

Bapak Muhammad pantas menjadi dosen teladan. Beliau sangat disiplin dan menghargai waktu. Beliau tidak pernah datang terlambat. Pakaiannya selalu bersih dan rapih meskipun bukan dari bahan yang mahal. Penyampaian pelajarannya menarik dan tidak membosankan karena seling diselingi dengan canda. Pilihan metode yang digunakannya selalu tepat, sehingga pelajarannya mudah dipahami. Beliau sangat menguasai bahan pelajaran sehingga semua pertanyaan mahasiswa bisa dijawabnya dengan benar. Mahasiswanya banyak yang sukses memperoleh pekerjaan. Selain itu, beliau sangat disenangi dan disegani oleh teman-temannya.
Disqus Comments